Konsumsi Teh Hijau Sebabkan Batu Ginjal, Benarkah?

Konsumsi Teh Hijau Sebabkan Batu Ginjal, Benarkah?
Konsumsi Teh Hijau Sebabkan Batu Ginjal, Benarkah? Di banyak negara termasuk Indonesia, mengonsumsi teh sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan sejak lama. Tidak hanya pagi hari, sebagian masyarakat Indonesia juga mengonsumsinya pada siang atau malam hari.
Dan salah satu teh yang banyak dikonsumsi adalah teh hijau karena memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Teh ini tinggi kandungan zat antioksidan, seperti enzim, asam amino dan polifenol. Selain itu, mengandung vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium dan kafein.
Spesialis Gizi Klinik, dr Diana F Suganda, M,Kes, SpGK mengungkapkan bahwa teh hijau memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya bisa membuat orang yang rajin mengonsumsinya menjadi awet muda.
“Teh hijau tinggi polifenol, merupakan senyawa antioksidan yang dapat menurunkan efek negatif dari radikal bebas, sehingga bisa mencegah penuaan dini. Konsumsi teh hijau secara rutin bisa membuat awet muda,” katanya dalam acara AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Jumat, 22 September 2018.
Manfaat lainnya dari rajin mengonsumsi teh hijau, yakni bisa mengurangi risiko penyakit kanker, kolesterol, diabetes tipe 2, jantung. Selain itu, bisa meningkatkan fungsi pengelihatan pada penderita glaukoma, lantaran teh hijau membantu penyerapan sel-sel baik untuk mata, seperti vitamin C, E, dan B kompleks.
Untuk mendapatkan manfaat sehat dan tepat lainnya dari mengonsumsi teh hijau, Diana memberikan beberapa tips. Dia merekomendasikan untuk mengonsumsi paling banyak lima cangkir teh hijau sehari agar tidak melebihi kadar kafein.
Selain itu, kata dia, tidak mengonsumsi teh hijau dengan tambahan gula. Namun jika tak terbiasa dengan rasa pahitnya, bisa menambahkan setengah sendok teh gula dalam secangkir teh hijau. Dan demi mendapatkan manfaat terbaik dari teh hijau, konsumsi dalam bentuk utuh seperti daun.
“Tapi kalau buru-buru, bisa pilih teh celup. Namun perhatikan saat mencelup tidak boleh dari 3 menit,” saran Diana.

Comments

Popular posts from this blog

Kemenkeu Pastikan Dana Talangan BPJS Kesehatan Cair Senin Pekan Depan

Mitos Atau Fakta, Penderita Diabetes Tidak Boleh Makan Manis?